Thursday, July 29, 2010

FPS ITB Berakhir, 1st IICC Dimulai

Seminggu terakhir ini, kota Bandung diramaikan dengan Festival Paduan Suara ITB yang ke-22. Kompetisi tertua di Indonesia ini rajin digelar setiap 2 tahun sekali, dan pada tahun ini sekaligus digelar 1st ITB International Choir Competition 2010 ( 1st IICC 2010). Bandung memang barometer-nya dunia paduan suara di Indonesia. Di Bandung ini-lah Paduan Suara terbaik di Indonesia berada, diantaranya PSM Unpar, PSM Maranatha, dan PSM Unpad.

Untuk Kompetisi tingkat nasional baru saja berakhir tadi malam dengan juara di setiap kategorinya, contohnya Paragita Universitas Indonesia untuk kategori Mix Choir dan Volga Male Chorus Bandung untuk kategori Male Choir. Setelah acara penutupan tingkat nasional, acara langsung dilanjutkan untuk Opening Ceremonial 1st IICC 2010 yang menampilkan Philipines Madrigal Singer.

Philipines Madrigal Singer ini adalah sebuah paduan suara dengan segudang prestasi di dunia internasional. Kemampuan mereka dalam memadukan suara tidak perlu diragukan lagi. Mereka adalah juara 2 kali beruntun dalam Grand Prix International Choir dan juga menjadi duta perdamaian UNESCO. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan (sebagai info, mereka juga akan mengadakan konser di ITB setelah acara 1st IICC 2010).


Kompetisi internasional yang dimulai dari tanggal 30 Juli-1 Agustus ini akan menjadi tontonan yang sangat menarik, karena ini akan dijadikan sebuah "pertarungan" antara peserta yang berasal dari Indonesia dan Philipines (Philipines merupakan negara satu2nya yang berasal dari luar Indonesia). Akankah paduan suara yg berasal dari Indonesia seperti Paragita UI - Agriawara IPB - ABFI PERBANAS dapat mengalahkan kehebatan paduan suara yang berasal dari Philipines?? Kita lihat hasilnya nanti.

Yang pasti keberadaan kompetisi ini akan menjadi tontonan yang sangat menarik. 


No comments:

Post a Comment

Text Widget

BEHIND THE RAIN SURELY THERE'LL BE A RAINBOW

Text Widget